Langsung ke konten utama

Patung Catur Muka

Sebagian besar masyarakat Kota Denpasar pasti sudah tahu tentang patung Catur Muka. Yak, patung berkepala empat ini terletak di perempatan agung Kota Denpasar, dan sekaligus menjadi titik nol dari kota yang mengusung konsep kota budaya ini. Tapi tidak banyak yang tahu mengenai sejarah dan arti dari patung ini, dan tulisan di blog saya kali ini semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama.

Patung Catur Muka yang berdiri diatas bunga teratai adalah reinkarnasi dari Sang Hyang Guru dalam bentuk perwujudan Catur Gophala. Dengan mengambil perwujudan empat muka adalah simbolis pemegang kekuasaan pemerintahan yang dilukiskan dalam keempat buah tangannya. Catur Gophala memegang aksamala/genitri yang bermakna bahwa pusat segalanya adalah kesucian dan ilmu pengetahuan. Cemeti dan sabet mengandung arti ketegasan dan keadilan harus ditegakkan oleh pemerintah. Cakra berarti siapapun yang melanggar hukum dan peraturan harus dihukum. Sungu artinya pemerintahan berpegang pada penerangan atau undang-undang. Tali pada badan adalah simbol reinkarnasi artinya mengetahui keadaan sebelum dan sesudah.

Catur muka berwajah empat menghadap ke empat penjuru mata angin dimana arah timur mengambil wajah Sang Hyang Iswara, bermakna keputusan kamoksan atau kebijaksanaan. Sang Hyang Brahma adalah wajah yang diambil untuk arah selatan yang berfungsi menjaga ketentraman, menghilangkan kejahatan dan menegakkan keamanan dan ketertiban. Arah barat mengambil wajah Sang Hyang Mahadewa yang dikenal sebagai Dewa Asung yang memberikan kasih sayang. Sedangkan Dewa Wisnu adalah wajah yang diusung untuk arah utara yang berarti memiliki kekuatan untuk menyucikan jiwa manusia sehingga rakyat penuh suka cita, negeri aman, dimana penduduknya senantiasa menjaga kesucian dan keindahan sehingga negeri menjadi sentosa.

Dahulunya, di lokasi perempatan ini berdiri sebuah jam raksasa yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda. Dan seiring dengan kemerdekaan RI, pemerintah mengganti posisi jam yang berbentuk lonceng ini dengan Patung Catur Muka pada tahun 1972.Sedangkan jam lonceng peninggalan Belanda saat ini disimpan di halaman Museum Bali. Sejak awal, pendirian Patung Catur Muka ini memiliki misi untuk mempertegas karakter budaya Bali dalam pembangunan pariwisata Bali, mengingat saat itu pemerintah sedang gencar melakukan pembangunan fasilitas penunjang pariwisata diantaranya Bandara Ngurah Rai  dan Hotel Bali Beach di tahun 1969 serta kawasan Nusa Dua di tahun 1972. Panitia perumus Patung Catur Muka ini diantaranya Drs. I Wayan Mertha Sutedja, BA sebagai Ketua yang beranggotakan I Nyoman Swetja Atmanadi, BA, Drs. I Gusti Agung Mayun Eman, dan I Gusti Agung Kepakisan, SH. Ide pembuatan patung inipun bersumber dari banyak lontar diantaranya Widdhi Sastra, Gedong Wesi, Siwa Gama, Ramayana, Garuda Carita, Babad Bali, Usana Bali, Brahma Tattwa, Siwa Sesana, Niti Sastra dan Kertha Tattwa.
Eksotisme Patung Catur Muka di Malam Hari

Komentar

Anonim mengatakan…
Mantaf skali, menurut saya penulis secara tidak langsung telah menjabarkan bagian dari kandapat yaitu ( sepenggal mengenai kandapat dewa) sebagai bagian dari kesehimbangan alam. Cukup menarik, karena ini merupakan hindu sebagai bagian dari lokal jenius bali.
Sukses buat bli arik putranta..
Made Ari Putranta mengatakan…
suksma sudah mampir berkunjung, semoga berkenan
Made Ari Putranta mengatakan…
klo boleh tau siapa niki yg comment?

Postingan populer dari blog ini

Lontar, Kekayaan Intelektual Manusia Bali (Kisah Menyelamatkan Lontar Keluarga) part 1

Hari itu, minggu 13 Januari 2013 bertepatan dengan moment Banyu Pinaruh selepas perayaan Saraswati kemarin, mendadak aku ingin ke Merajan Gede. Bukan untuk bersembahyang, karena aku termasuk orang yang bisa dibilang tidak sering2 amat untuk bersembahyang belakangan ini, tetapi untuk maksud melihat benda-benda pusaka warisan leluhur, terutama lontar. Kusapa Pemangku Merajan yang sedang membersihkan areal merajan dan segera kuutarakan maksud kedatanganku untuk melihat lontar-lontar merajan yang selama ini hanya kudengar dari ibuku. Respon positif kudapatkan, dan segera aku diajak untuk memasuki sebuah ruangan di sebelah utara areal merajanku. Memasuki ruangan, terus terang aku terkesima dengan keberadaan benda-benda pusaka yang dimikili oleh merajanku. Kulihat sebuah tongkat dan beberapa keris yang terlihat berumur cukup tua. Fokusku langsung mencari keberadaan lontar dan pandanganku akhirnya tertuju pada sebuah kotak kayu tua berwarna coklat kehitaman dan dibeberapa bagiannya berluban

Sedikit Kesan Mengenai Singapura

Yaaah, hari itu Jumat 28 September 2012 mungkin hari bersejarah buatku karena hari ini aku pertama kali melakukan perjalanan keluar Indonesia, ya... keluar negeri tepatnya ke negeri singa, tapi tidak ada binatang endemik singa disana, atau mungkin ada tapi sudah punah....Ya, Singapura... Terminal keberangkatan international Airport Ngurah Rai pun baru kali ini kujejakkan, setelah berpuluh2 kali airport ini kudatangi. Sedikit cemas, karena ketika orang lain liburan keluar negeri pertama kali mengajak rombongan atau pasangan, kali ini saya seorang diri walaupun nantinya di Singapura saya bertemu rekan2 kantor baru disana, ya kantor baru dengan orang2 yang mayoritas belum kukenal. Setelah proses yang semuanya baru kulewati, sampailah aku di Singapura. Kesan pertama biasa saja, termasuk ketika aku masuk terminal airport ini. Banyak orang mengatakan bagus atau mewah, bagiku biasa saja. Bukan termasuk sombong, tapi karena kemewahan bukan jadi interestku untuk memberikan kesan sebuah temp