Wah, ga terasa ya tahun 2008 sudah kita lewati. Tentu banyak hal yang sudah kita lewati di tahun kemarin... Bagi saya tahun 2008 banyak hal dan momen penting bagi saya, terutama dalam hal karir.
Di tahun 2008 ini saya berpindah haluan dari yang sebelumnya kerja di bidang migas beralih ke perbankan. Ya, pekerjaan saya di Pertamina sebagai marketing pelumas untuk wilayah Bali Nusra saya tinggalkan untuk mengisi lembaran baru sebagai Treasury Marketing Bank Mandiri untuk wilayah Bali. Walaupun pindah bidang, tetap saja tipikal kerjaan saya ga jauh-jauh dari sales dan marketing.
Sampai suatu saat saya pernah berdiskusi dengan seorang teman mengenai image seorang marketer dan sales yang kurang mendapat hati di masyarakat alias gengsinya kurang. Dari diskusi kami, bisa dikatakan masyarakat kita masih belum mengerti benar dengan posisi sales dan marketer.Padahal kedua posisi ini bisa dikatakan ujung tombak bagi perusahaan untuk bisa hidup dan mendapat hati di masyarakat. Dibandingkan dengan posisi back office semacam administrasi dan accounting, posisi sales dan marketer lebih menjadi semacam dapurnya perusahaan untuk tetap menggeliat di tengah persaingan... Dan semakin tinggi jabatan suatu karyawan, tuntutan untuk melakukan aktivitas sales dan marketer menjadi semakin dominan. Liat saja atasan-atasan kita yg suka main golf atau clubbing dengan klien-kliennya, ujung-ujungnya, jiwa sales dan marketer mereka pasti diterapkan disana. Tapi kalau ada atasan-atasan yg suka golf dan clubbing tapi ga ada aktivitas sales dan marketer itu namanya buang-buang uang perusahaan. Jadi, lebih banyak tantangan menjadi sales dan marketer ketimbang back office yg selalu duduk dibelakang layar menanti lingkar perut dan pinggang yang semakin membesar...
So, kembali lagi mengenai tahun baru. Di tahun 2009 pasti ada sebuah resolusi dari setiap kita. Resolusi diperlukan supaya arah kita tidak kemana-mana dan ada suatu tujuan jelas. Master plan harus kita susun dan saya sendiri sudah punya itu. Bagaimana dengan teman-teman semua?
Di tahun 2008 ini saya berpindah haluan dari yang sebelumnya kerja di bidang migas beralih ke perbankan. Ya, pekerjaan saya di Pertamina sebagai marketing pelumas untuk wilayah Bali Nusra saya tinggalkan untuk mengisi lembaran baru sebagai Treasury Marketing Bank Mandiri untuk wilayah Bali. Walaupun pindah bidang, tetap saja tipikal kerjaan saya ga jauh-jauh dari sales dan marketing.
Sampai suatu saat saya pernah berdiskusi dengan seorang teman mengenai image seorang marketer dan sales yang kurang mendapat hati di masyarakat alias gengsinya kurang. Dari diskusi kami, bisa dikatakan masyarakat kita masih belum mengerti benar dengan posisi sales dan marketer.Padahal kedua posisi ini bisa dikatakan ujung tombak bagi perusahaan untuk bisa hidup dan mendapat hati di masyarakat. Dibandingkan dengan posisi back office semacam administrasi dan accounting, posisi sales dan marketer lebih menjadi semacam dapurnya perusahaan untuk tetap menggeliat di tengah persaingan... Dan semakin tinggi jabatan suatu karyawan, tuntutan untuk melakukan aktivitas sales dan marketer menjadi semakin dominan. Liat saja atasan-atasan kita yg suka main golf atau clubbing dengan klien-kliennya, ujung-ujungnya, jiwa sales dan marketer mereka pasti diterapkan disana. Tapi kalau ada atasan-atasan yg suka golf dan clubbing tapi ga ada aktivitas sales dan marketer itu namanya buang-buang uang perusahaan. Jadi, lebih banyak tantangan menjadi sales dan marketer ketimbang back office yg selalu duduk dibelakang layar menanti lingkar perut dan pinggang yang semakin membesar...
So, kembali lagi mengenai tahun baru. Di tahun 2009 pasti ada sebuah resolusi dari setiap kita. Resolusi diperlukan supaya arah kita tidak kemana-mana dan ada suatu tujuan jelas. Master plan harus kita susun dan saya sendiri sudah punya itu. Bagaimana dengan teman-teman semua?
Komentar
check this out www.malaikatpenggoda.blogspot.comaperets